Breaking News

Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat, Kejaksaan Negeri Gunungkidul Turun Kalurahan Sosialisasi Jaga Desa

Gedangsari, (suaragunungkidul.net)--Kejaksaan Negeri Gunungkidul terus melaksanakan kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum Jaga Desa. Rabu (23/09/2020) penyuluhan Jaga Desa menyasar Kalurahan Watugajah Kepanewon Gedangsari. 

Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul Koswara mengungkapkan, penyuluhan hukum Jaga Desa tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat khususnya Perangkat Kalurahan. Setelah penyuluhan, diharapkan Perangkat Kalurahan dapat memahami dan melaksanakan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES) secara benar. 

"Penyuluhan hukum Jaga Desa ini memberikan pemahaman agar dalam pelaksanaan dan penggunaan anggaran di Kalurahan tidak ada penyimpanan,"kata Koswara.

Pria asal Sumatera Barat itu menambahkan,  sebagai aparat penegak hukum dia tidak menginginkan adanya Lurah maupun Perangkat Kalurahan terjetat kasus hukum akibat melakukan penyimpangan atau tindak pidana korupsi. Dengan adanya penyuluhan hukum Jaga Desa, diharapkan seluruh jajaran Pemerintah Kalurahan dapat faham sehingga nantinya tidak tersandung perkara hukum. Kucuran Dana Desa dari yang begitu besar dari Pemerintah Pusat sudah seharusnya mendapatkan pengawalan dan pengawasan dari berbagai lini termasuk Kejaksaan. 

"Dana Desa harus dimanfaatkan oleh masyarakat dengan pelaksanaan secara tepat sasaran dan transparan serta tidak ada penyimpangan, "kata pimpinan Korps Adyaksa Gunungkidul itu. 

Dalam kegiatan penyuluhan hukum Jaga Desa dihadiri puluhan peserta baik dari Perangkat Kalurahan,  Tokoh Masyarakat,  BPD serta LPMD.

Redaksi

Tidak ada komentar