Breaking News

Lomba Penyiapan Normal Baru Dan Aman Covid-19 Nasional, Gunungkidul Dapat Juara Dua

Wonosari, (suaragunungkidul.com)--Bupati Gunungkidul Badingah menerima Piagam Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19, Selasa (28/09/2020). Bertempat di rumah Dinasnya Bupati Gunungkidul Hj Badingah menrerima piagam tersebut dari Pemerintah Pusat melalui Kemenentrian Dalam Negeri. 

Kepada Wartawan Bupati menjelaskan bahwa, Pemerintah Pusat melalui Kemendagri sebelumnya menyelenggaran loma Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Lomba ini mengajak dan mendorong Pemerintah Daerah agar terlibat secara aktif di dalam penanganan pandemi Covid 19. 
"Adapun jenis lomba meliputi 7 (tujuh) sektor, yakni sektor pasar tradisional,  pasar modern, restoran, sektor hotel, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSPT), Tempat Wisata, dan sektor transportasi Umum,"ujar Bupati. 

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam Lomba tersebut telah mengikuti semua sektor. Menurut Bupati ada beberapa sektor yang ditunjuk dengan lokasinya antara lain Pasar Tradisional Playen, Pasar Modern Pamela, HeHa Sky View, Home Stay Nglanggeran,  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSPT), DPMPT Kabupaten Gunungkidul, Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran dan sektor transportasi umum, Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul.

"Pelaksanaan lomba ini diawali dengan masing-masing OPD pengampu membuat skenario di dalam pelaksanaan tatannan normal baru. Setelah itu didiskusikan bersama tim baik dari unsur OPD maupun dengan pelaku,"imbuhnya. 

Lomba dalam bentuk vidio tersebut 
dikirim ke panitia di Kemendagri untuk dinilai. Kemudian dari hasil tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440-895 Tahun 2020 Tentang Penetapan Peringkat Pemenang dan Pemberian Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Pemda Gunungkidul mendapatkan juara 2 yaitu untuk sektor Tempat Wisata Klaster Kabupaten.

"Juara 2  diwakili oleh Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, dan dari hasil lomba ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mendapatkan dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp.2.000.000.000 (Dua Milyar Rupiah),"imbuhnya

Lebih lanjut Bupati menambahkan, dari dana DID tersebut telah dialokasikan melalui BTT (Belanja Tak Terduga) Kabupaten Gunungkidul untuk penanganan Covid-19, khususnya untuk penguatan jaringan Internet di Kawasan Wisata;

"Selain itu juga digunakan untuk Program Padat Karya di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, penyedian fasilitas penanganan Covid-19 di Destinasi pariwisata dan belanja smartphones untuk pendataan wisatawan serta penyedian fasilitas penanganan Covid-19 di Pasar,"terangnya.

Tidak ada komentar